Wajib Tahu ini Dia Panduan dalam Penggunaan Gadget pada Anak

Wajib Tahu ini Dia Panduan dalam Penggunaan Gadget pada Anak

Pesatnya pertumbuhan digital membuat gadget, yang identik dengan dunia digital, tidak hanya digunakan oleh orang dewasa. Anak muda dan bahkan balita kini mulai terlihat sibuk menggunakan gadget dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Dalam hal ini, seperti dilansir oleh The Asianparent, meskipun anak kecil tidak sepenuhnya dilarang menggunakan gadget, akademi dokter anak di Amerika (AAP) menyarankan kepada orangtua agar memberikan batas usia dini dalam mengenalkan gadget kepada anak-anak mereka.

Menurut panduan AAP ini, anak di bawah usia dua tahun sebaiknya dijauhkan terlebih dahulu dari menggunakan gadget. AAP juga memerinci panduan penggunaan gadget untuk anak menurut batasan usia mereka.

Saat Anak Berusia di Bawah 18 Bulan

Sebagaimana disebutkan di muka, pada usia ini akan lebih baik bagi anak apabila dijauhkan dari pemakaian gadget. Perkecualian dari hal ini adalah fitur video call. Fitur ini membantu anak untuk tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga, meskipun mereka terkendala oleh jarak.

Video call juga membantu anak untuk belajar memahami pentingnya arti komunikasi dalam keluarga. Namun demikian, karena besar kemungkinan anak akan mulai belajar fitur lain pada gadget, selain video call, penting untuk selalu membiasakan anak agar memperlakukan gadget sebagai alat komunikasi, terutama dengan keluarga yang jauh.

Dengan demikian anak diharapkan tidak memandang gadget hanya sebagai alat hiburan.

Anak-Anak Memasuki Usia 18 Bulan Sampai 2 Tahun

Terdapat hanya sedikit bukti yang menunjukkan bahwa anak belajar bahasa baru dengan cara menonton video, kecuali terdapat pendampingan orangtua saat ia menonton. Pada usia ini, pendampingan orang tua sangat penting.

Tanpa pendampingan orangtua, anak hanya akan melihat video sebagai gambar bergerak yang tidak memberikan pengaruh apa-apa selain sebagai hiburan. Banyak orangtua percaya bahwa video bisa membantu anak dalam mempelajari bahasa asing. Namun demikian, jika aktivitas menonton ini dilakukan tanpa pendampingan orangtua, sang anak justru dikhawatirkan akan mengalami resiko keterlambatan berbicara.

Anak dari Rentang Usia 2 Sampai 5 Tahun

Pada fase ini, anak sudah memiliki kemampuan untuk menerapkan apa yang dilihatnya di layar gadget ke dalam dunia nyata. Contohnya adalah dalam pelajaran berbahasa, berhitung, tingkah laku, dan hal-hal lain yang ditontonnya di layar gadget.

Namun demikian, meskipun anak telah mulai dapat mempelajari sesuatu dari gadget, AAP memberikan batasan agar anak diijinkan menggunakan gadget hanya selama 1 jam dalam sehari. Menurut mereka juga, pendampingan orangtua pada fase ini masih tetap penting karena keberadaan orangtua akan membantu di dalam mengarahkan bagaimana kepribadian anak nantinya ketika berselancar di dunia maya.

Dengan pendampingan intensif orangtua, anak akan menjadi lebih mengerti bagaimana cara mengaplikasikan pengetahuan yang didapatnya melalui gadget ke dalam dunia nyata.

Gadget