Rekor Gemilang Liverpool Usai Juarai Liga Primer

Rekor Gemilang Liverpool Usai Juarai Liga Primer

Setelah menunggu selama 30 musim, Liverpool akhirnya resmi menjadi kampiun liga Inggris. Hal ini tak lepas dari perolehan poin yang tak mungkin dilewati oleh para pesaingnya. Kepastian juara ini didapat setelah Manchester City, kampiun Liga Primer dua musim sebelumnya, gagal mendapatkan kemenangan kontra Chelsea kala bertandang ke Stamford Bridge pada laga ke-31.

Dengan hanya menyisakan 7 pertandingan, perolehan poin maksimal yang bisa diperoleh Manchester City adalah 84, di bawah perolehan Liverpool saat ini yang berjumlah 86 poin.

Raihan gelar juara ini merupakan yang ke-19 bagi Liverpool, tertinggal 1 gelar juara dari Manchester United yang telah mengoleksi 20 piala Liga Primer. Gelar juara Liverpool kali ini juga terasa istimewa karena menorehkan beberapa rekor. Berikut rekor-rekor yang berhasil diciptakan Si Merah selama musim 2019-2020:

Rekor juara dengan sisa pertandingan terbanyak. Liverpool berhasil mengunci gelar juara pada pekan ke-31 atau dengan 7 pertandingan tersisa. Jumlah ini melewati rekor kemenangan dengan sisa 5 pertandingan yang dipegang oleh Manchester United pada 1908 dan 2001, Everton pada 1985, dan Manchester City pada 2018.

Rekor start terbaik dalam semusim. Selain menjadi juara tercepat, Liverpool juga berhasil mengumpulkan poin terbanyak dalam 31 pertandingan yang dilewatinya. Dengan perolehan 86 poin, dari 93 poin maksimal yang bisa didapatkan, Liverpool mengungguli tim-tim lain pada lima laga top Eropa.

Rekor jarak keunggulan terbesar dalam sejarah Liga Primer. Liverpool berjarak 23 poin dari Manchester City di posisi kedua. Keduanya sama-sama telah melakukan pertandingan ke-31, dengan jumlah poin The Citizen saat ini mencapai angka 63 poin.

Rekor kemenangan kandang beruntun. Dengan kemenangan 4-0 kala menjamu Crystal Palace, Liverpool terhitung telah mencatatkan kemenangan tandang berturut-turut terbanyak dalam 23 pertandingan sejak musim lalu. Rekor ini juga melewati pencapaian Manchester City di Liga Primer.

Rekor tim tercepat yang berhasil mengalahkan seluruh kontestan liga. Liverpool hanya butuh 24 pertandingan untuk mengalahkan seluruh peserta liga primer pada musim 2019-2020. Rekor ini dicatat ketika Liverpool mengalahkan West Ham United dengan skor 2-0 pada pekan ke-24.

Rekor ini lagi-lagi melampaui rekor yang pernah dicetak Manchester City di Liga Primer yang membutuhkan 31 pertandingan untuk mengalahkan seluruh kontestan.

Rekor juara dengan musim terlama. Musim 2019-2020 yang ditandai dengan pandemi virus korona membuat Liverpool mencatatkan rekor unik. Jika biasanya liga berakhir di bulan Mei, pada musim ini Liga Primer masih melaksanakan pertandingan pada bulan Juni.

Dengan kemunduran dari jadwal biasanya, pada musim ini dapat dipastikan bahwa Liverpool telah berhasil mencatatkan rekor sebagai juara liga dengan periode musim terlama dalam sejarah perhelatan sepak bola di kelas utama liga Inggris.

Sepak Bola