Keraton Sumenep, wisata sejarah yang layak dikunjungi

Keraton Sumenep, wisata sejarah yang layak dikunjungi

Keraton Sumenep – merupakan salah satu destinasi tempat wisata di kabupaten Sumenep. Selain kaya akan destinasi wisata bahari, kabupaten Sumenep juga mempunyai tempat wisata sejarah yang layak dikunjungi. Keraton Sumenep merupakan tempat wisata yang menyimpan banyak rekam sejarah di kabupaten Sumenep sejak dahulu.

Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten di ujung pulau Madura, dikenal sebagai kabupaten yang sarat akan nilai sejarah panjang. Keraton Sumenep merupakan bukti nyata berdirinya kerajaan besar pada masanya. Raja paling dikenal dalam perjalanan sejarah keratin Sumenep adalah Arya Wiraradja pada tahun 1269 Masehi.

Keraton Sumenep selalu ramai dikunjungi pada saat libur sekolah. Kebanyakan pengunjung yang datang merupakan pelajar, hal ini dikarenakan keraton Sumenep sangat cocok untuk dijadikan bahan pengetahuan maupun penelitian. Tak hanya pelajar, pengunjung wisata sejarah ini juga dating dari kalangan turis manca negara.

Keraton Sumenep terletak di jantung kota, memiliki empat bangunan dan satu kolam renang pemandian, keraton sumenep saat ini juga dijadikan sebagai rumah dinas bupati kabupaten Sumenep.

Berikut ini Merupakan Spot dan Benda Peninggalan di Kawasan Wisata Keraton Sumenep

1. Kerata Kencana

Kereta kencana merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih terawat di museum keraton Sumenep. Kereta kencana ini diceritakan sebagai hadiah dari raja Raffles dari hindia Inggris kepada sultan Abdurrahman karena telah berhasil menerjemahkan Bahasa sansakerta ke dalam Bahasa Inggris dengan baik. Sultan Abdurrahman sendiri merupakan raja ke-32, berkuasa dari tahun 1811 sampai tahun 1854.

2. Al Quran Raksasa

Peninggalan selanjutnya di museum keraton sumenep adalah Alquran raksasa. Terdapat dua al Quran raksasa di museum, pertama merupakan al Quran berumur 200 tahun tulisan tangan raja ke 32 keraton Sumenep yaitu Sultan Abdurrahman yang di selesaikan dalam waktu semalam. Kedua merupakan al quran raksasa yang ditulis oleh kaligrafi asal sumenep yang dilesaikan selama tiga bulan pada saat pelaksanaan MTQ di kabupaten sumenep pada tahun 2015.

3. Cermin raksasa

Cermin raksasa merupakan benda yang juga menarik perhatian di dalam kawasan museum keraton. Pasalnya cermin ini memiliki ukuran yang cukup besar dan tinggi. Menurut cerita penjaga museum, cermin ini dahulu kala dipakai untuk menyambut tamu, jadi tamu kerajaan harus bercermin dahulu sebelum masuk ke kerajaan.

4. Kolam Pemandian putri kerajaan

Destinasi terakhir dari sekian banyak peninggalan lainnya adalah kolam pemandian putri raja. Kolam pemandian yang cukup luas dengan sumber mata air dahulu merupakan tempat pemandian putri raja yang bernama Potre Koneng. Konon katanya apabila mandi dan membasuh muka di kolam tersebut dipercaya membuat muka menjadi lebih cerah dan dipermudah mencari jodoh.

Wisata