Inilah Destinasi Wisata Islami di China Yang Wajib Anda Kunjungi

Inilah Destinasi Wisata Islami di China Yang Wajib Anda Kunjungi

China merupakan negara komunis dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Budha dan Kong Hu Chu. Sedangkan pemeluk agama Islam di China tergolong masyarakat minoritas.
Namun siapa sangka, negeri tirai bambu ini juga memiliki beberapa destinasi wisata religi Islami dan halal yang bisa menjadi list kunjungan anda jika pergi berlibur ke China. Berikut kami sajikan untuk anda.

Sungai Kuning Zhongwe

Sungai Kuning di Zhongwe ini merupakan salah satu sungai legendaris di China. Sungai Kuning sendiri memiliki panjang 5.464 km yang menjadikannya sungai terpanjang keenam di dunia. Disebut sungai kuning larena sungai ini membawa lumpur kuning sepanjang alirannya.

Sungai ini memiliki sebuah spot wisata muslim yang disebut Shapotou Tourist Site. Disana, anda dapat merasakan aliran sungai yang deras menggunakan perahu tradisional China sambil melihat pemandangan sekitar sungai yang cukup memanjakan mata anda.

Najia Great Mosque

Najia Great Mosque terletak di Yinchuan yang merupakan kota yang ramah bagi wisatawan muslim, karena di Yinchuan tidak sulit untuk menemukan masjid dan makanan halal disana. Banyak penduduk muslim China yang tinggal di daerah Yinchuan.

Najia Great Mosque sendiri adalah masjid terbesar di daerah Yinchuan yang memiliki interior dalam masjid yang mewah membuat anda betah berlama-lama di masjid yang satu ini. Jika anda ingin berkunjung ke Najia Great Mosque, maka anda diharuskan mengenakan pakaian Muslim untuk menghormati tempat ibadah tersebut.

Kampung Muslim Suku Hui

Jika anda ingin melihat kehidupan umat Muslim China lebih dekat, maka tak ada salahnya mengunjungi Kampung Muslim dimana suku Hui tinggal. Disana, anda akan banyak melihat masyarakatnya menggenakan pakaian muslim seperti jilbab dan peci.

Selain memiliki suasana Muslim friendly, para wisatawan juga dibuat nyaman dengan sikap para penduduk Kampung Muslim yang ramah dan murah senyum menyambut siapa saja yang datang berkunjung.

Desert Shahu Scenic Spot

Siapa bilang kalau ingin naik unta keliling gurun harus ke Timur Tengah? Di China anda juga bisa merasakannya loh, tepatnya di Desert Shahu Scenic Spot, Shizuishan. Menyajikan hamparan gurun pasir yang luas dan jauh terbentang membuat anda seolah berada di Timur Tengah.

Disini para turis bisa mencoba menaiki unta melewati gurun. Atau anda juga bisa sekedar menaiki bukit-bukit pasir yang tidak terlalu tinggi dan melihat seluruh gurun dari ketinggian.

ChineseYellow River Altar

Perpaduan antara budaya China kuno dengan Budaya Muslim begitu terasa di Chinese Yellow River Altar yang terletak di Wuzhong ini. Chinese Yellow River Altar terbentang sepanjang 1 km. Anda dapat melihat megahnya bangunan seperti benteng yang dihiasi dengan ukiran yang penuh makna akan menyambut setiap turis yang datang. Sebelum sampai ke altar, anda harus menaiki 108 anak tangga.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, jumlah 108 sendiri memiliki arti yaitu kehidupan manusia yang berjumlah 108 bagian.
Anda juga dapat melihat sebuah gerbang raksasa berbentuk unik seperti kubah masjid di bagian atasnya. Kubah ini juga memiliki makna tersendiri yang menjadi salah satu bukti sejarah masuknya Islam di China.

Ternyata ada banyak tempat wisata Islami di China yang merupakan bukti sejarah perjalanan Islam disana dan sebagai bukti adanya toleransi yang harus dijunjung tinggi oleh semua umat beragama. Semoga tempat-tempat tadi dapat menjadi inspirasi list liburan anda ya.

Wisata