Ingin Menikmati Wisata Air, Yuk ke Kabupaten Situbondo

Ingin Menikmati Wisata Air, Yuk ke Kabupaten Situbondo

Situbondo merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Kabupaten ini memang biasanya terdengar kurang familiar dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di sekitarnya seperti Banyuwangi, Jember, dan Probolinggo.

Namun apabila Anda suka pergi ke tempat yang berhubungan dengan air, baik untuk berlibur memanjakan diri atau untuk mencari ketenangan maka Situbondo sebaiknya tidak dilewatkan karena selain terkenal akan wisata Pantai Pasir Putih-nya, di Situbondo juga terdapat tempat wisata yang berupa air terjun dan waduk yang menarik.

Di antaranya adalah Air Terjun Talempong dan Waduk Bajulmati. Bagaimana suasana dan cara mengunjunginya, berikut ulasannya:

Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong sedang hits belakangan ini karena menawarkan panorama alam hijau yang sejuk dan bersih. Sesuai dengan namanya, air terjun ini berlokasi di Desa Talempong, yakni di Kecamatan Banyuglugur.

Di sekitar lokasi air terjun, masih terdapat banyak pemandangan alam yang natural dan asri. Udara dingin juga akan mulai terasa begitu melintasi gapura Desa Talempong. Di sepanjang jalan terdapat pohon-pohon kesambi di kiri kanan yang menjadi objek pemandangan khas menuju air terjun.

Air di tempat ini terasa sangat segar. Itu sebabnya banyak wisatawan yang menikmati air di tempat wisata ini dengan menyusuri aliran air di sepanjang hilir sungai atau dengan mandi di bawah air terjun.

Selain mengalirkan air yang menyegarkan, terdapat banyak lumut hijau yang tumbuh di bebatuan di dasar air terjun Talempong. Bukan lumut sembarangan, tumbuhan ini dipercaya oleh masyarakat sekitar akan khasiatnya untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu.

Air Terjun Talempong dibuka pada pukul tujuh pagi sampai pukul 5 sore. Untuk memasuki area wisata ini pun tidak dibutuhkan biaya yang besar. Tiketnya hanya dipatok 10.000 rupiah per tiap orang pengunjung.

Waduk Bajulmati

Berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Waduk Bajulmati ini terletak di perbatasan Banyuwangi-Situbondo. Sebelum menjadi tempat wisata, Waduk Bajulmati sebelumnya juga dimanfaatkan sebagai sumber untuk pengairan, tempat pelabuhan, dan tempat pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Wisata Waduk Bajulmati terletak di area dengan luas 91 hektar, jadi cukup luas untuk dibuat jalan-jalan berkeliling. Kesan yang akan didapatkan saat pertama memasuki area ini adalah hawanya yang sejuk, suara aliran air yang khas, dan tiupan angin yang semilir. Mengingat luasnya yang hampir 10 kilometer persegi, sebaiknya wisatawan mengeksplorasi tempat ini dengan bersepeda atau dengan kendaraan bermotor.

Waduk Bajulmati disebut-sebut oleh wisatawan setempat sebagai miniatur Raja Ampat. Hal ini karena terdapat banyak gundukan yang berupa perbukitan yang tidak terlalu tinggi yang tersebar di area wisata. Untuk memasukinya, wisatawan hanya perlu membayar biaya karcis sebanyak 5000 rupiah. Sebagaimana Air Terjun Talempong, tempat wisata ini dibuka pada pukul tujuh pagi sampai pukul lima sore.

Wisata