Hal Utama yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smatphone Bekas

Hal Utama yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smatphone Bekas

Kebanyakan orang akan berpikir dua kali untuk memutuskan membeli smartphone bekas. Rata-rata mereka takut smartphone tersebut sudah banyak kerusakan atau bahkan bisa jadi itu adalah barang curian dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Padahal harga smartphone baru dipasaran terbilang cukup mahal. Untuk mendapatkan produk yang bagus, anda harus merogoh kocek hingga diatas 2 juta rupiah.
Jika anda ingin membeli smartphone bekas namun dengan kualitas yang masih mulus, anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Tips Membeli Smartphone Bekas

1. Cari Harga Yang Sesuai

Sebelum membeli smartphone bekas, ada baiknya anda membandingkan harga-harga antar toko smartphone, atau bisa juga dengan browsing di internet. Hal ini dilakukan agar jangan sampai anda membeli smartphone bekas dengan harga yang lebih mahal dari smartphone baru.

Biasanya harga smartphone bekas dengan kondisi masih mulus memiliki harga yang tidak terlalu jauh berbeda dari smartphone baru. Apalagi jika smartphone tersebut masih keluaran terbaru dan harganya masih tinggi dipasaran.

2. Perhatkan Kondisi Smartphone

Beli jangan asal beli. Apalagi jika yang dibeli adalah handphone bekas. Perhatikan tampilan luar smartphone, jangan sampai ada retakan di layar LCD-nya atau ada goresan-goresan pada casingnya.

3. Cek Kondisi Baterai

Ada baiknya anda mencoba kondisi baterai handphoe tersebut. Cobalah untuk men-charge handphone tersebut. Lalu perhatikan apakah handphone menyala dengan baik dan baterai terisi dengan baik atau tidak, hal ini untuk mengetahui kalau baterai belum soak.

4. Cek Segel

Setelah memperhatikan bagian luar smartphone, perhatikan juga bagian dalamnya. Cobalah untuk mengecek segel yang ada dibagian dalam handphone dekat baterai untuk mengetahui kalau handphone tersebut belum pernah dibongkar untuk diservice.

5. Cek Nomor IMEI

Tujuannya adalah untuk memastikan smartphone tersebut produk original. Caranya cukup sederhana, anda tinggal mengetik *#06# atau *#0*# untuk handphone merk Samsung, dan pastikan nomor IMEI yang muncul sama seperti nomor yang tertera dikotak smartphone.

6. Periksa Kelengkapan

Pastikan kalau kotak, charger, dan earphone masih lengkap dan bawaan pabrik. Jika ada hal-hal yang tidak lengkap atau rusak akan mempengaruhi harga handphone sehingga anda dapat menawar handphone tersebut dengan harga lebih murah.

7. Pilih Yang Masih Bergaransi

Memilih smartphone yang masih bergaransi dapat meminimalisir kerugian dikemudian hari. Karena handphone bekas memiliki resiko rusak lebih tinggi. Pilihlah smartphone yang memiliki garansi minimal 6 bulan.

8. Tes Fitur-fitur Smartphone

Tidak ada salahnya anda mencoba beberapa fitur-fitur pada handphone tersebut seperti kamera, kejernihan suara telepon dan audio, kecepatan respon, dan lain-lain.

9. Verifikasi Akun Google

Biasanya handphone bekas masih menggunakan akun google dari pemilik sebelumnya. Anda harus melakukan verifikasi ulang dengan akun google anda. Karena smarphone tersebut belum bisa anda gunakan jika belum verifikasi akun google anda.

Memiliki handphone baru ataupun bekas bukanlah suatu hal yang terlalu penting. Yang terpenting adalah bagaimana anda dapat bijak memilih handphone dengan kualitas yang bagus namun dengan harga yang cocok di kantong.

Gadget