Destinasi Wisata Loksado Penyimpan Air Terjun Kedamaian

Destinasi Wisata Loksado Penyimpan Air Terjun Kedamaian

Kalimantan Selatan – Pandemi covid-19 memang banyak menunda berbagai rencana-rencana di kalangan masyarakat. Liburan yang seharusnya terjadi, kini hanya angan-angan belaka sebagai bentuk menjaga diri agar tidak terpapar penyakit yang merabah saat ini. Liburan hanya bisa dinikmati melalui jejaring sosial untuk menjelajahi destinasi dari gambaran foto saja.

Namun, tak jarang juga para traveller menyiapkan daftar wisata yang ingin dikunjungi setelah masa ini berakhir. Menjelajahi wisata-wisata yang ada di negeri Nusantara, ini bisa menjadi masukan untuk anda yang sedang berada di wilayah Kalimantan.

Salah satu wisata yang sering menjadi langganan warga Kalimantan Selatan adalah Loksado yang di dalamnya menyimpan berbagai macam destinasi air terjun. Riam Hanai adalah salah satu air terjun yang terletak di Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Rasanya tidak lengkap jika megunjungi Loksado tetapi tidak merasakan damainya alam Kalimantan dengan suara gemercik air terjun.

Air terjun ini memiliki ketinggian 3-4 meter dan kemiringan sekitar 45 derajat yang berada di dalam sebuah desa bernama Loklahung. Pepohonan di sekitar tebing-tebing membuat suasana menjadi dingin nan menyejukkan.

Riam Hanai sendiri berada di tempat yang cukup terpencil dan jauh dari riuhnya suasana perkotaan. Melewati hutan-hutan yang masih asri sehingga udara yang dirasakan juga sangat segar.

Terbayang tidak rasanya duduk di dekat air dingin yang terpancar dari air terjun ini? Atau memiiki perasaan ingin bercebur dan berenang menikmati panorama air terjun Riam Hanai? Anda bisa menambah wisata ini kedalam list yang ingin anda kunjungi setelah pandemi covid-19 berakhir, ya.

Apalagi, untuk memasuki wisata Riam Hanai ini tidak dipungut biaya sama sekali dikarenakan air terjun ini sendiri belum terlalu terjamah oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Selain letaknya yang jauh, medan yang ditempuh pun cukup sulit dikarenakan melewati arus sungai serta bebatuan yang licin sehingga perlu adanya kehati-hatian saat menuju air terjun ini. Anda juga hanya perlu menjaga sikap dan selalu ramah ketika melewati tempat tinggal warga desa Loklahung.

Ketika sampai di desa tersebut anda bisa berjalan melewati jembatan gantung yang dibawahnya terdapat aliran air sungai yang jernih dan bebatuan. Jika bertemu dengan anak-anak yang sedang bermain, mereka akan menyambut kedatangan wisatawan dengan tersenyum riang.

Anda juga bisa mengajak mereka untuk beriringan menuju air terjun Riam Hanai. Selain melewati jembatan gantung, anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun Riam Barajang sebelum memasuki jalan kecil menuju Riam Hanai. Tidak mengherankan, alam Kalimantan sering menjadi tempat wisatawan yang ingin berkunjung untuk sekedar menjernihkan pikiran dan menghirup udara segar.

Wisata