Cara Menurunkan Panas Demam Pada Anak dengan Alami

Cara Menurunkan Panas Demam Pada Anak dengan Alami

Panas atau demam pada anak sangat sering terjadi, khususnya pada anak yang berusia dibawah 3 tahun. Rutinitas mereka yang kerap kali memasukan benda kotor ke dalam mulut bisa jadi akan memberikan peluang bakteri masuk ke dalam tubuhnya.

Orang tua tentu saja sangat panik dengan kondisi ini. Demam pada anak pada dasrnya ada dua kemungkinan bisa jadi karena ada bakteri atau karena memang sedang masuk angin. Kondisi demam yang terus menerus tidak turun maka perlu bunda obati.

Obat demam anak yang aman dijual di apotek bunda bisa menggunakan sanmol. Tapi ini efeknya tidak menyembuhkan kalau demam anak bunda parah dan disertai dengan batuk dan filek maka tentu saja kalau sudah 3 hari alangkah baiknya dibawah ke dokter.

Dalam pemeriksaan juga dokter akan menyakan kepada bunda, kapan mulai demam, kalau baru 3 hari biasanya akan diberikan obat dengan dosis rendah. Nah kalau sudah lewat 3 hari biasnya dokter akan menyuruh bunda kembali lagi priksa.

Tindakan lanjut biasanya dilakukan cek darah, kemudian akan keluar hasilnya dengan jelas disinilah nanti dokter boleh memberikan obat antibiotik kepada anak bunda dan harus dihabiskan dalam proses penyembuhan, meski sudah sembuh tetap di minum sampai habis jangan sampai tersisa.

Itu dia prosedur secara medis, namun ada juga cara alami dengan bahan bahan tradisional yang bisa membantu proses menurunkan panas pada anak dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

  1. Menggunakan bawah merah

Bunda ambil saja 3 siun bawang merah kemudian di gerus atau tumbuk dan campurkan dengan minyak telon, kemudian di tekan tekan dan digunakan untuk memijet bagian belakang punggung, sampai dengan kaki dan betis anak.

  1. Melakukan pemijetan

Ini akan berguna untuk menyebar titik panas pada tubuh anak, dimana kalau kaki anak dingin sedangkan badan panas maka bunda harus sigap jangan biarkan ini terjadi caranya bunda bis aluruskan kaki anak bunda, kemudian pijet bagian telapak kakinya sambil tarik perlahan sampai panas turun juga ke bagian kaki.

  1. Menggunakan ekstrak cacing dan madu

Banyak obat tradisional penurun panas ala orang tua jaman dulu, salah satunya adalah dengan olahan cacing tanah dan madu.

Kesehatan