Berbagai Fakta Menarik tentang Sepak Bola Indonesia

Berbagai Fakta Menarik tentang Sepak Bola Indonesia

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang mampu menghipnotis perhatian banyak kalangan. Persepakbolaan tanah air juga mampu memberikan warna yang unik bagi persepakbolaan dunia. Berikut adalah fakta menarik seputar sepak bola Indonesia:

1. Indonesia merupakan Wakil Asia Pertama di Piala Dunia

Pada tahun 1938, Indonesia pernah masuk piala dunia dengan nama “Hindia Belanda”. Pada saat itu, belum pernah ada negara Asia yang berhasil menembus piala dunia selain Indonesia. Kemudian pada tahun 1954, Korea Selatan menyusul Indonesia sebagai satu-satunya negara Asia yang masuk piala dunia.

2. Suporter Terbesar dan Terfanatik ke 3 di Dunia

Atmosfer sepak bola Indonesia termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Suporter Indonesia selalu memberikan dukungan penuh bagi tim kebanggaan mereka. Suporter Indonesia termasuk ke dalam 10 suporter terbesar di dunia dengan berada di posisi ke 3 setelah Inggris dan Argentina.

Indonesia juga merupakan negara dengan suporter terloyal di dunia dan terfanatik di Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion yang mencapai 96%. Antusiasme suporter Indonesia juga telah diakui oleh banyak pemain dan pelatih dari luar negeri.

3. Istilah Sepak Bola di Indonesia pada Tahun 1920 adalah Voetbal

Sepak bola mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1920 dan pada saat itu, sepak bola dikenal dengan istilah “voetbal” yang berasal dari Bahasa Belanda.

4. Memiliki Segudang Prestasi di Usia Muda

Olahraga yang satu ini selalu mencetak prestasi cemerlang. Beberapa di antaranya adalah berhasil meraih juara Piala AFF U-16, U-19, dan U-22.

Pada kategori U-10 sampai U-12, generasi muda sepak bola Indonesia selalu berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menduduki peringkat terbaik di ajang Danone Nations Cup (DNC Cup) yang digelar setiap tahun dan dianggap piala dunia usia muda oleh FIFA.

5. Sering Masuk Daftar Suporter dengan Koreografi Terbaik di Asia dan Dunia

Tidak hanya pesepak bola yang memiliki skill di atas rata-rata, koreografi suporter Indonesia saat pertandingan berlangsung juga berhasil memukau siapa saja yang menyaksikan pertandingan olahraga tersebut. Bahkan di antaranya menjadi langganan koreografi terbaik di Asia maupun dunia seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSS Sleman.

6. Persib Bandung adalah Klub Sepak bola Terbaik Tahun 2015

Hasil survei pada situs The Top Tens menunjukkan Persib merupakan klub sepak bola terbaik di tahun 2015. Hasil ini begitu mencengangkan karena mampu mengalahkan Real Madrid yang berada di peringkat 2 dan Barcelona di peringkat 3. Sebelumnya, Persib juga pernah dinobatkan sebagai klub sepak bola terbaik di dunia pada tahun 2013.

Sepak Bola