Bahaya Anak Terhadap Aplikasi Tiktok

Bahaya Anak Terhadap Aplikasi Tiktok

Saat ini gadget sudah merambah ke berbagai kalangan manusia yang ada di bumi. Bahkan anak-anak yang belum cukup umur sudah dibelikan gadget oleh orang tuanya sendiri. Hal seperti ini sebetulnya harus mendapat perhatian lebih dari orang dewasa agar dunia fantasi seorang anak tidak hanya terpaku pada alat teknologi saja, melainkan harus diimbangi dengan bersosial dengan anak lainnya.

Anak sejatinya akan mudah kecanduan jika menyukai sesuatu, jika orang tua terlalu bebas membiarkan anak bermain gadget, anak akan sulit ketika harus melepasnya.
Berbagai macam hiburan serta permainan dapat diakses oleh anak melalui gadget, salah satunya adalah aplikasi tiktok. Tiktok yang merupakan aplikasi dengan banyak fitur pembuat video, membuat orang lain akan senang dan bertahan lama untuk memainkannya.

Banyak anak-anak saat ini menggemari tiktok, mereka menirukan orang dewasa yang membuat berbagai macam jogetan terkenal di tiktok. Biasanya anak-anak ini memainkannya sebagai hiburan untuk bersenang-senang.

Tiktok berhasil menggaet para anak kecil yang seharusnya bermain bersama anak-anak lain, lebih memilih bermain sendirian untuk membuat konten tiktok. Fenomena ini tentu sulit untuk ditolak karena zaman sudah berubah. Berbagai hal-hal baru yang lebih mengasyikkan akan mudah diterima di tengah masyarakat. Tentu sulit untuk tidak membiarkan seorang anak kecanduan dengan teknologi baru di era sekarang.

Tiktok seringkali juga menjadi ajang penyaluran bakat bagi anak-anak yang gemar menari. Hal ini dapat dilihat dari segi kepositifan dalam bermain tiktok. Anak-anak yang memiliki bakat menari, dapat melatih kemampuannya sehingga potensinya semakin besar dan anak tersebut semakin ahli dalam bidangnya.

Tiktok menjadi berbahaya bagi anak ketika anak tersebut sudah melupakan kewajiban lain yang harus ia lakukan dalam hidupnya, seperti beribadah, belajar, dan lain sebagainya. Apalagi ketika anak yang mengekspos wajahnya hingga tersebar dan banyak dilihat oleh pengguna media sosial lainnya.

Kasus kejahatan anak akan rentan terjadi seperti penculikan, pelecehan, dan pemerkosaan. Karena pada dasarnya dunia gadget sangatlah luas, berjuta-juta manusia dapat mengaksesnya sehingga tak jarang orang-orang jahat dengan mudah melancarkan aksinya. Maka dari itu, orang tua diharapkan agar mengawasi dengan ketat ketika memberikan gadget kepada anak.

Lalu, tindakan apa yang harus dilakukan oleh orang tua demi membuat anak mereka agar tidak lupa waktu ketika bermain gadget? Orang tua dituntut untuk perduli terhadap anak dan sejak kecil tidak membiarkan anak tenggelam dalam sebuah gadget.

Terlalu sibuk dengan pekerjaan sendiri tentu membuat anak merasa terasingkan dan memilih mencari dunianya sendiri, apalagi jika dengan mudahnya memberi gadget kepada anak. Orang tua sebaiknya mengajarkan hal-hal tentang bermain di luar seperti bersepeda, bermain bola, dan sebagainya

Lifestyle