6 Fitur Baru Whatsapp Mendatang, Inilah Mereka

6 Fitur Baru Whatsapp Mendatang, Inilah Mereka

Untuk memudahkan para penggunanya, WhatsApp terus berinovasi menambahkan sejumlah fitur terbarunya. Berdasarkan info terbaru dilansir dari detikinet, dalam waktu dekat WhatsApp sedang menguji sejumlah 6 fitur baru. Apa saja 6 fitur yang akan diusungnya ini? Berikut diantaranya:

1. Dark mode dengan bubble pesan warna baru

Fitur WhatsApp yang digadang akan segera hadir salah satunya adalah dark mode dengan bubble pesan warna baru. Saat mengaktifkan dark mode, bubble pesan di chat tampil dengan warna yang sedikit berubah yang cukup membuat mata terasa ringan ketika membuka akun WhatsApp terutama saat di area dengan pencahayaan minim.

2. Pencarian chat berdasar tanggal

Fitur yang baru sebagai pengembangan fitur sebelumnya yang sudah ada yakni fitur yang digunakan untuk mencari chat. Namun, pada fitur barunya ini akan lebih memberi opsi unggul. Saat membuka pilihan Chat Search pada iOS WhatsApp maka akan muncul ikon kalender tepatnya diatas keyboard.

Setelah ikon tersebut ditekan klik kemudian akan tertera disana pemilih tanggal yang dapat memilih secara spesifik mulai dari tanggal, bulan maupun tahunnya. Kemungkinan nantinya pengguna Android WhatsApp juka akan memperoleh pula fitur tersebut melalui akses pilihan Search yang ada pada jendela chat. Rancangan fitur ini adalah untuk mencari chat dan bukan jenis pencarian universal, tahapan fitur ini masih di tahap alpha.

3. Pencarian gambar di web bagi pengguna iPhone

Bagi pengguna iPhone, WhatsApp akan mengusung fitur untuk mencari gambar di web. Sebelumnya fitur ini telah dilakukan uji coba dalam beberapa bulan ini. Pada fitur ini pengguna dimungkinkan untuk mencari gambar yang diterima melalui WhatsApp lewat web.

Tampaknya hal ini dilakukan guna mencegah tersebarnya hoax serta kesalah fahaman informasi disana. Disamping itu, khusus gambar yang lebih dari sejumlah empat kali diteruskan WhatsApp akan mengganti opsi forward dengan opsi search on web. Dengan demikian, jika fitur ini digunakan maka gambar tersebut akan diunggah ke Google.

4. Integrasi ShareChat

Dari ShareChat diagadang jika sedang disiapkan video player khusus. Sedang cara kerjanya tak lain sama halnya dengan saat mengirim link video dari Instagram atau YouTube yang bisa langsung dilihat dari WhatsApp. Video ShareChat akan didukung pula oleh fitur Picture-in-Picture saat dibagikan di WhatsApp.

5. Penghapus pesan

Tersedia pilihan delete all except starred bersama dengan pilihan delete all messages untuk menghapus pesan lewat opsinya. Selain itu, ada pula pilihan clear except starred pada bagian storage usage yang memungkinkan menyimpan pesan dibintangi serta menghapus file maupun pesan yang lain dalam waktu bersamaan.

6. Desain baru storage usage

Storage Usage WhatsApp kini tengah dikembangkan dengan tampilan file berukuran besar pada opsi large files. Selain itu, juga ada opsi forwarded files dengan fungsi menyaring file apapun yang sudah pernah diteruskan oleh pengguna di akun WhatsApp.

Disamping 6 fitur diatas akan ada juga wacana pilihan sort yang nantinya memungkinkan para pengguna dapat mengurutkan foto-foto yang telah diterima dari kontak khusus. Pada pilihan baru ini foto dapat diurutkan mulai dari urutan yang paling lama, paling baru maupun menurut ukurannya dengan tujuan untuk memudahkan dalam memilih mana foto yang ingin disimpan atau dihapus.

Bagian baru pada desain storage usage ini kini tengah dilakukan uji coba pada Android WhatsApp. Namun, tak menutup kemungkinan pula fitur ini akan dihadirkan pula pada iPhone.
Sejumlah fitur diatas kini masih di tahap uji coba beta dan alpha.

Sebelum akhirnya digulirkan ke masyarakat umum kemungkinan masih akan ada perubahan. Tentang kapan fitur-fitur ini akan dirilis masih belum diketahui dengan pasti, namun wacananya adalah untuk beberapa bulan mendatang.

Gadget